tips menghemat listrik prabayar

" berhemat listrik benar apa mitos"

Tahukah Anda ada banyak cara menghemat listrik yang dapat memperkecil tagihan listrik Anda? Cara ini sangat efektif bagi Anda yang masih menggunakan meteran listrik prabayar maupun pasca bayar. Simak cara-cara menghemat pemakaian listrik berikut ini:

hemat listrik prabayarKenaikan tarif dasar listrik yang hampir pasti akan membuat tagihan listrik rumah kita juga akan bertambah. Orang yang nakal akan mengakalinya dengan membayar mahal oknum agar tagihan listrik berkurang, misalnya dengan memodifikasi meteran listrik. Hal itu telah banyak dilakukan di berbagai daerah dan sudah menjadi rahasia umum. Padahal perbuatan seperti itu melanggar peraturan dan bisa dipidanakan.

Yang sering menjadi kendala banyak rumah tangga adalah biaya listrik terlalu besar sehingga ini akan berpengaruh kepada biaya pengeluaran kalian. Apalagi dalam setahun tarif dasar listrik (TDL) bisa naik beberapa kali sehingga menambah besar pengeluaran dalam membeli pulsa listrik.

Belum lagi beberapa item tambahan biaya yang dibebankan kepada konsumen listrik seperti beban biaya administrasi sebesar Rp 1.300-1.600 per transaksi oleh bank, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang besarnya maksimal 10% sesuai Pemerintah Daerah masing-masing pelanggan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10%, dan tambahan potongan bea materai untuk pembelian pulsa listrik diatas 300 ribu rupiah. Akibatnya, jumlah kWh yang didapatkan semakin kecil dibandingkan nominal uang yang dibayar.




       

       Ketergantungan masyarakat terhadap listrik boleh dikatakan cukup tinggi sekarang ini. Sebenarnya bukan hanya listrik saja. Ketergantungan kita terhadap berbagai energi hasil bumi yang tidak dapat diperbaharui untuk keberlangsungan hidup kita begitu besar. Apalagi sejak kehadiran gadget sebagai penemuan di bidang informasi dan teknologi yang kini sangat digandrungi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena itu, dengan makin tingginya kebutuhan ini, sekarang makin banyak ajakan untuk menghemat listrik.

Jika Anda ingin menurunkan tagihan listrik maka tidak perlu repot main curang,Metode ini sangat bagus untuk menghemat biaya listrik dan telah dipraktikkan. Bahkan orang yang mempraktikannya berhasil menurunkan tagihan listrik hingga 50 persen lebih. Teknik ini bikin tagihan listrik turun drastis


1. gunakan alat lsitrik seperlunya saja

Hal ini berlaku untuk orang-orang yang kerap kali menyalakan alat-alat yang menggunakan listrik meskipun tidak digunakan. Misalnya, televisi dinyalakan begitu saja sembari melakukan aktivitas yang lain seperti mengobrol dan menelpon.

Tanpa disadari, televisi yang terus menyala ini akan membuat pemakaian listrik Anda menjadi cukup besar. Solusinya, matikan alat-alat yang mengandalkan daya listrik ketika Anda tidak menggunakannya atau ingin melakukan aktivitas yang lainnya.

2. mencabut Kabel dan Peralatan yang Tidak Digunakan Dari Saklar

Apakah Anda memiliki kebiasaan membiarkan charger masih tercolok pada saklar meskipun tidak sedang digunakan? Nah, tahukah Anda bahwa arus listrik akan tetap mengalir pada perangkat yang masih terhubung pada saklar, meskipun peralatannya dalam keadaan mati? Akibatnya, listrik akan terbuang sia-sia. Sebaiknya, cabut kabel dan peralatan dari saklar jika tidak digunakan.

3.mematikan Lampu di Jam Tertentu

Kebiasaan menggunakan lampu pada siang hari merupakan suatu pemborosan. Pasalnya, kita dapat mengandalkan sinar matahari sebagai sumber penerangan di siang hari. Oleh karena itu, nyalakan lampu hanya pada malam hari saja.

Jika rumah Anda terasa gelap di siang hari, cobalah untuk menggunakan atap yang transparan. Usahakan juga Anda ikut dalam gerakan mematikan 2 lampu di pukul 17.00 – 22.00. Gerakan ini dapat menghemat pemakaian listrik dan tagihan bulanan Anda pun jadi lebih kecil.

4.menggunakan AC Seperlunya

AC merupakan alat elektronik yang mempengaruhi besar atau tidaknya tagihan listrik rumah tangga Anda. Penggunaan AC secara tepat tentu dapat menghemat daya listrik. Misalnya, kecilkan suhu AC jika di dalam ruangan hanya ada 1-3 orang.

Mesin pendingin ini bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Bila di rumah Anda menggunakan AC, pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang sehingga tidak perlu Anda mendinginkan ruangan yang efeknya tidak akan dirasakan siapa-siapa. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda

Hindari mengatur AC dengan suhu terkecil karena hal ini dapat membuat tagihan listrik Anda membludak. Matikan AC jika sudah tidak digunakan. Gunakan timer agar AC mati secara otomatis saat suhu di dalam ruangan sudah cukup sejuk.

5.memakai Setrika dengan Pengatur Panas Otomatis

Setrika adalah salah satu peralatan elektronik dalam rumah tangga yang ukurannya sangat kecil. Namun, siapa sangka jika setrika ini membutuhkan daya listrik yang besar, bahkan lebih besar dari televisi dan peralatan elektronik yang lainnya.

Nah, salah satu cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan menggunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis. Setrika jenis ini akan mati dengan sendirinya jika suhu panasnya sudah cukup tinggi. Selain itu, sesuaikan juga panas yang digunakan dengan bahan pakaian yang Anda setrika.

6.memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Kebutuhan

Hindari memilih mesin cuci dengan kapasitas yang terlalu besar, karena semakin besar kapasitas mesin cuci maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah pakaian Anda sehari-hari.

Di samping itu, usahakan untuk mencuci pakaian tidak melebihi kapasitas dari mesin cuci yang digunakan. Karena dengan begitu beban mesin cuci akan bertambah dan otomatis daya listrik yang digunakan pun akan lebih besar.
saat musim kemarau Sehabis dicuci, pakaian dijemur selama 1-2 jam dibawah terik sinar matahari sudah mampu mengeringkan sepenuhnya. Manfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian daripada menggunakan pengering mesin cuci dan rasakan hematnya pengeluaran listrik

7.menggunakan Lemari Es dengan Bijaksana

Lemari es adalah alat elektronik yang menyala dalam waktu lama. Namun, jika Anda hendak berpergian atau tidak ada makanan dan minuman apapun di dalamnya, maka sebaiknya matikan saja lemari es

Cara-cara di atas merupakan beberapa alternatif yang bisa diterapkan dalam tujuannya menghemat penggunaan listrik dan menghemat biaya tagihan listrik

selamat mecoba.......


Related Posts: